Selasa, 03 Maret 2020

Cara Belajar Gitar Untuk Pemula

Cara Belajar Gitar Untuk Pemula

Hasil gambar untuk sejarah tentang gitar

Sebelum kita belajar gitar kita harus tahu tentang sejarah. Gitar  adalah sebuah alat musik berdawai yang dimainkan dengan cara dipetik, umumnya menggunakan jari maupun plektrum. Gitar terbentuk atas sebuah bagian tubuh pokok dengan bagian leher yang padat sebagai tempat senar yang umumnya berjumlah enam didempetkan. Gitar secara tradisional dibentuk dari berbagai jenis kayu dengan senar yang terbuat dari nilon maupun baja. Beberapa gitar modern dibuat dari material polikarbonat. Secara umum, gitar terbagi atas 2 jenis: akustik dan elektrik.
Gitar akustik, dengan bagian badannya yang berlubang (hollow body), telah digunakan selama ribuan tahun. Terdapat tiga jenis utama gitar akustik modern: gitar akustik senar-nilongitar akustik senar-baja, dan gitar archtop. Gitar klasik umumnya dimainkan sebagai instrumen solo menggunakan teknik fingerpicking komprehensif.
Gitar elektrik, diperkenalkan pada tahun 1930an, bergantung pada penguat yang secara elektronik mampu memanipulasi bunyi gitar. Pada permulaan penggunaannya, gitar elektrik menggunakan badan berlubang (hollow body), namun kemudian penggunaan badan padat (solid body) dirasa lebih sesuai. Gitar elektrik terkenal luas sebagai instrumen utama pada berbagai genre musik seperti blues, country, reggae, jazz, metal, rock, dan berbagai bentuk musik pop.


1. Niat Untuk Belajarnya

Ketika kita mau melakukan nya kita harus terlebih dahulu mempunyai niatan yg matang. Kenapa?! Karena semua yg kita lakukan itu harus diawali niat, kalo niatnya sudah tidak ada bagaimana kedepan nya untuk belajar gitar.
Jadi, semua itu harus berawal dari niat ketika niat sudah ada maka kedeoan nya akan berjalan mulu.

2. Gitar

Hasil gambar untuk sejarah tentang gitar

Kedua, kita harus mempunyai gitar sendiri agar kita bisa berlatih setiap harinya. ketika pulang sekolah bisa berlatih, ketika sedang tidak ada pekerjaan, atau ketika hari libur. Sebenarnya tidak apa apa minjam gitar teman atau yg lainnya, tetapi kalau kita minjam punya teman atau yg lainnya itu tidak leluasa karena kita merasa risih takut nya terjadi kerusakan atau yg lebih buruknya akan patah.

3. Metode Pembelajaran

A. Otodidak

     Kita bisa belajar dengan otodidak tanpa harus melakukan Les Gitar yang harganya mungkin cukup mahal. Dengan bersama teman, kita bisa belajar gitar juga dengan melihat permainan nya, lalu kita praktekan di rumah dengan gitar kita sendiri. Lalu, kita juga bisa melihat dari tayangan yang terdapat di YouTube, dengan melihat cara permainan gitar nya dan melihat chord lagu yang di gunakan nya.

B. Les Gitar 

Les privat gitar dengan metode belajar perorangan (privat/guru 1 murid 1). Durasi normal 60 menit, Anda dapat memilih durasi waktu yang anda inginkan s/d 120 menit/sesi. waktu yang cukup panjang untuk anda menerima materi privat gitar dari guru gitar.

Dalam les privat gitar anda dapat langsung mengusulkan kepada guru gitar apa keinginan anda agar lebih terarah, dengan system pengajaran yang rinci atau sekedar hobby saja (metode ini jauh lebih cepat prosesnya). Privat gitar terdiri dari 4 tingkatan, yaitu tingkat dasar, terampil 1, terampil 2 dan mahir (tidak perlu terlalu banyak tingkatan, karena kita sudah merangkum materi-materi inti agar proses belajar tidak terlalu lama). Pastinya tetap dengan materi standart sekolah musik. Tidak hanya texs books ‘melulu’ guru gitar akan memberikan metode pengembangan improvisasi jadi tidak mudah jenuh.
Jika peserta kursusnya anak-anak, kita juga sudah mempunyai metode untuk mereka, seperti pilihan lagu dan materi yang pastinya disukai putra/putri anda dengan cara pengajaran yang unik dari guru gitar yang membaur dengan dunia mereka.
4. Chord
Umumnya gitar biasanya memiliki 6 senar, dimulai dari senar paling bawah yang paling kecil, hingga paling atas yang paling besar. 2 jenis gitar yang paling sering digunakan, yaitu gitar akustik dan gitar elektrik. Pada dasarnya kedua jenis gitar tersebut memiliki nada yang mirip pada setiap senarnya. Yang membedakan keduanya, yaitu pada tuning nya. Berikut sinar gitar yang menghasilkan nada,
  • Senar 1 (paling bawah) menghasilkan nada E’  1 : E’
  • Senar 2 (atasnya senar 1) menghasilkan nada B  2 : B
  • Senar 3 (atasnya senar 2) menghasilkan nada G  3 : G
  • Senar 4 (atasnya senar 3) menghasilkan nada D  4 : D
  • Senar 5 (atasnya senar 4) menghasilkan nada A  5 : A
  • Senar 6 (paling atas) menghasilkan nada E  6 : E
Kunci dasar pada gitar dibagi menjadi 2, yaitu kunci dasar atau biasa dan kunci dasar gitar minor. Kunci utama yang paling sering digunakan adalah C mayor, G mayor, A mayor, E mayor, dan D mayor. Tiap kunci memiliki penempatan jari pada senar yang berbeda. Agar lebih mudah kamu dapat melihat tutorial gambar atau video.
  • Kunci Dasar C








Kunci Dasar C
source: hidupsimpel.com

Kunci gitar C seperti Pada Gambar diatas, pastinya kamu bisa mencobanya secara otodidak di rumah. Berikut pada gambar di bawah ini cara-cara pemposisian atau penempatan posisi jari.

  • Kunci Dasar D









Kunci Dasar D
source: hidupsimpel.com

Kunci gitar D seperti Pada Gambar diatas, pastinya kamu bisa mencobanya secara otodidak di rumah. Berikut pada gambar di bawah ini cara-cara pemposisian atau penempatan posisi jari.

  • Kunci Dasar E

Kunci Dasar E
Kunci gitar E seperti Pada Gambar diatas, pastinya kamu bisa mencobanya secara otodidak di rumah. Berikut pada gambar di bawah ini cara-cara pemposisian atau penempatan posisi jari.

  • Kunci Dasar F

Kunci Dasar E
Kunci gitar F seperti Pada Gambar diatas, pastinya kamu bisa mencobanya secara otodidak di rumah. Berikut pada gambar di bawah ini cara-cara pemposisian atau penempatan posisi jari.

  • Kunci Dasar G

Kunci Dasar GKunci gitar G seperti Pada Gambar diatas, pastinya kamu bisa mencobanya secara otodidak di rumah. Berikut pada gambar di bawah ini cara-cara pemposisian atau penempatan posisi jari.

Kunci Dasar A









Kunci Dasar A
source: hidupsimpel.com

Kunci gitar A seperti Pada Gambar diatas, pastinya kamu bisa mencobanya secara otodidak di rumah. Berikut pada gambar di bawah ini cara-cara pemposisian atau penempatan posisi jari.

  • Kunci Dasar Dm









Kunci Dasar Dm
source: hidupsimpel.com


Kunci gitar Dm seperti Pada Gambar diatas, pastinya kamu bisa mencobanya secara otodidak di rumah. Berikut pada gambar di bawah ini cara-cara pemposisian atau penempatan posisi jari.

  • Kunci Dasar Em









Kunci Dasar Em
source: hidupsimpel.com

Kunci gitar Em seperti Pada Gambar diatas, pastinya kamu bisa mencobanya secara otodidak di rumah. Berikut pada gambar di bawah ini cara-cara pemposisian atau penempatan posisi jari.

  • Kunci Dasar Am

Kunci Dasar Am
Kunci gitar Am seperti Pada Gambar diatas, pastinya kamu bisa mencobanya secara otodidak di rumah. Berikut pada gambar di bawah ini cara-cara pemposisian atau penempatan posisi jari.
Biasanya karena faktor idola kita dapat dengan mudah mempelajari sesuatu atau menghapalkan sesuatu. Maka dari itu, terapkan juga di sini, cari musisi atau gitaris yang kamu idola kan, biasanya idola dapat membuat kita termotivasi untuk bisa menjadi seperti dia. Idola biasanya juga dapat mendorong minat kita ketika kita sedang malas belajar gitar. Cari gitaris yang paling baik dan yang paling hebat untuk menjadi kiblat kamu dalam bermain. Jangan sampai semangat kamu kendor di tengah jalan, maka dari itu, idola sangat diperlukan untuk menjaga stabilitas semangat belajar kita.
Chord Anugerah Terindah - Sheila On 7


Intro : G C G C

      G
Melihat tawamu
        C
Mendengar senandungmu
       G
Terlihat jelas di mataku
        C
Warna-warna indahmu

      G
Menatap langkahmu
     C
Meratapi kisah hidupmu
       G
Terlukis jelas bahwa hatimu
       C                             G
Anugerah terindah yang pernah kumiliki

Interlude : G C G C

      G
Sifatmu nan s`lalu
       C
Redahkan ambisiku
      G
Tepikan khilafku
       C
Dari bunga yang layu

       G
Saat kau disisiku
      C
Kembali dunia ceria
       G
Tegaskan bahwa kamu
       C                             G
Anugerah terindah yang pernah kumiliki

Interlude : G C G C

        G
Belai lembut jarimu
       C
Sejuk tatap wajahmu
        G               C
Hangat peluk janjimu hooo,.,
        G
Belai lembut jarimu
       C
Sejuk tatap wajahmu
        G
Hangat peluk janjimu
       C                             G
Anugerah terindah yang pernah kumiliki

Nah, itulah paparan yang dapat kami berikan terkait cara bermain gitar. Kamu harus mengenal terlebih dahulu alat musik ini, kamu harus tahu bagian-bagian dan fungsinya, kamu harus mengetahui cara memegang gitar yang benar, mengetahui kunci-kunci dasar, dan cara menyetem gitar. Kami juga sudah memaparkan beberapa tips yang harus dilakukan oleh pemula. Mulai dari belajar melalui internet hingga lagu-lagu yang memiliki chord simple yang cocok untuk pemula. Ada hal penting lain yang tidak boleh kamu lupakan, apabila kamu ingin bisa bermain gitar, kamu harus berlatih secara rutin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Team RRQ Devisi Free Fire

Jadi Punya 4 Tim Free Fire! RRQ Perkenalkan Dua Tim Free Fire Terbaru, Hades dan Poseidon! By :  Angga Ramadhan 11 Maret 2020 “Ta...